Selasa, 10 Mei 2011

Java, Program Array Dalam Java

Jika sebelumnya saya pernah posting tentang program menghitung luas lingkaran dalam Java, kali ini saya akan posting tentang program array dalam Java. Seperti biasanya sebelum lanjut saya akan berbasa-basi terlebih dahulu. Array adalah sekumpulan objek yang memiliki tipe data yang sama. Contohnya array dari integer adalah array yang terdiri dari suatu rangkaian integer. Array digunakan untuk menyimpan sejumlah data nilai pada sebuah variabel.

Nilai-nilai yang tersimpan dalam array disebut elemen. Untuk mengakses elemen tertentu pada array digunakan angka index. Index menunjukkan nomor urut dari posisi elemen yang ingin diakses dalam array. Sekedar info tambahan, Java memulai angka indexnya dari 0, bukan 1.

Okey lah, cukup sudah basa-basi saya pada kali mengenai array dalam Java. Tapi nanti saya akan basa-basi dalam pembahasan program array nanti. Berikut adalah syntax dari program array dalam Java:

public class Array
{
public static void main(String[] args)
{
int array[];
array = new int[5];


array[0] = 5;
array[1] = 8;
array[2] = 20;
for(int i=0; i<5; i++)
{
System.out.println("Array["+i+"] = "+array[i]);
}
}
}

Pembahasan:

Syntax array = new int[5]; digunakan untuk menginisialisasikan array. Sama seperti variabel yang lainnya, array harus diinisialisasikan array terlebih dahulu sebelum digunakan.

Syntax array[0] = 5; berfungsi untuk memberikan nilai pada elemen array. Array 0 bernilai 5, array 1 bernilai 8. Array yang belum diberikan nilai akan memiliki nilai default 0.

Syntax System.out.println("Array["+i+"] = "+array[i]); berfungsi untuk menampilkan nilai-nilai array kedalam layar.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Like Fans Pages kami di http://www.facebook.com/pages/My-Bestfriend-Forever/

Follow juga twitter kami di http://twitter.com/Infonya1

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar