Minggu, 01 Mei 2011

Java, Konsep Dasar Hello World dalam Java

Jika sebelumnya saya pernah posting tentang Fitur-fitur pada Pemrograman Java, kali ini saya akan posting tentang Hello World dalam Java. Untuk pengetahuan semua inilah kali pertama saya posting tentang tutorial Java. Sebenarnya java ini hampir sama dengan C dan C++. Ini berita baik bagi orang yang sudah mengerti syntac pada C dan C++, namun syntac java lebih panjang dan agak rumit.

Mari kita sama-sama melihat program Hello World dalam Java;

public class HelloWorld
{
public static void main(String[] args)
{
 System.out.println("Hello World");
  System.out.print("Apa Kabar Dunia?");
}
}

Sekarang mari kita bahas syntac di atas. Mulai dari baris pertama, setiap syntac awal java selalu dimulai dengan syntax public class. Untuk tulisan yang berwarna ungu, adalah judul program sama seperti C++.

Sekarang lihat syntax public static void main(String[] args). Tulisan yang berwarna kuning itu boleh tidak dituliskan didalam compiler. Sedangkan syntax didepannya merupakan syntax wajib, kegunaannya sama dengan C++, menunjukkan fungsi void main.

Pada baris ke-5 dan 6 terdapat dua syntax yang sekilas terlihat mirip. Tetapi, coba anda lihat syntax println dan print. Syntac println artinya kita akan membuat baris baru setelah kata "Hello World" yang kegunaanya sama seperti \n atau endl di C++. System.out.print atau println adalah syntax atau statemen untuk mengeluarkan objek. Sama seperti syntax cout di C++.

Sekian dan semoga bermanfaat

Like Fans Pages kami di http://www.facebook.com/pages/My-Bestfriend-Forever/

Follow juga twitter kami di http://twitter.com/Infonya1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar