Kamis, 05 Mei 2011

Arti Geronimo pada Operasi Geronimo Navy Seal

Jika pencarian Google bisa dipercayai, banyak orang tahu arti ‘Geronimo’ sebagai kode nama operasi Osama bin Laden dan penyergapan Pakistan. Namun bukan itu arti sebenarnya...!!!

Ketika Navy Seal berhasil menyelesaikan misinya, mereka mengirim pesan melalui radio, “Geronimo – EKIA,” musuh terbunuh saat operasi. Siapa sebenarnya Geronimo...?

Geronimo merupakan pemimpim Indian terkenal dan prajurit Chiricahua Apache yang hidup pada 1828-1909.

Prajurit ini terlibat banyak pertarungan melawan Mexico dan AS saat kedua negara itu berusaha mengekspansi tanah suku Apache selama beberapa dekade dalam Perang Apache. Meski tak diketahui mengapa kode nama ini dipilih, nama ini dirasa cocok dengan beberapa alasan.

Geronimo menjadi legendaris karena menantang mengeksploitasi dan berhasil melarikan diri selama pertempuran Mexico melawan tentara AS.

Prajurit ini terlahir dengan nama ‘Goyahkla’ atau ‘orang yang menguap’. Orang Mexico menamakannya Geronimo setelah pertempuran saat ia menyerang tentara Mexico yang dipersenjatai pistol dan pisau yang akhirnya membuat tentara meneriakkan nama Santo Jerome (“Jeronimo!”).

Setelah berhasil lolos melawan AS, Geronimo tewas karena pneumonia di usia 79 tahun sebagai tahanan AS di Fort Sill, Oklahoma.

Saat ii, ‘Geronimo’ sering diteriakan para tentara saat melompat dari pesawat. Tim Navy Seal diterbangkan ke persembunyian Osama bin Laden menggunakan helikopter dan meneriakkan geronimo saat terjuan dari heli.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar