Minggu, 01 Mei 2011

Java, Program Perkalian dalam Java

Jika sebelumnya saya pertama posting Hello World dalam Java, kali ini saya akan posting tentang program perkalian dalam Java. Disini akan bahas juga tentang syntax untuk menginputkan bilangan. Kalau di C++ kita menggunakan syntax cin, untuk java hal yang harus anda perhatikan dalam membuat syntax untuk menginputkan sesuatu adalah syntax import java.util.*;". Letakkan syntax import java.util.*;"  di baris paling atas dalam program java anda.

Setelah memasukkan syntax diatas, buatlah syntax Scanner baru untuk menginputkan sesuatu data yang anda inginkan. Syntaxnya sebagai berikut Scanner mbforeverinput = new Scanner(System.in). Tulisan yang berwarna kuning ganti dengan kata yang anda mau. Sekarang masukkan data-data yang anda mau. Contohnya memasukkan data bertipe String, caranya adalah, nama = mbforeverinput .next();, nama adalah variabel bertipe string, sedangkan mbforeverinput adalah syntax untuk memasukkan bilangan yang anda gunakan di Scanner tadi. Kalau anda memasukkan variabel bertipe Integer, cukup ganti syntax next(); menjadi nextInt();.

 Sekarang mari sama-sama kita lihat syntac perkalian dalam program Java.

import java.util.*;

public class Perkalian
{
public static void main(String[] args)
{
Scanner input = new Scanner(System.in);

int bil1, bil2, hasil;

System.out.println("Program Perkalian Java\n\n");
System.out.print("Masukkan Angka 1: ");
bil1 = input.nextInt();
System.out.print("Masukkan Angka 2: ");
bil2 = input.nextInt();

System.out.println("\n");
hasil = bil1 * bil2;
System.out.println("Hasil perkalian "+bil1 " dan "+bil2 " = "+hasil);
}
}


Sekian dan semoga bermanfaat... :)))

Like Fans Pages kami di http://www.facebook.com/pages/My-Bestfriend-Forever/

Follow juga twitter kami di http://twitter.com/Infonya1

2 komentar:

  1. Thanks for sharing This valuable information.It is always beneficial to get yourself or your core teams trained with development process and also get acquainted with the app development protocols(ios training in chennai) and terms that will eventually enable you to run your organization or business in a smooth and a profitable manner, although you may not give a serious thought to it.
    Regards,
    Best ios training Institute in Chennai

    BalasHapus
  2. Thanks for sharing your info. I really appreciate your efforts and I will be waiting for your further write.I like the post


    app development tutorials online

    BalasHapus