Kamis, 05 Mei 2011

Hacker Pembobol PSN Mulai Terungkap

Sony akhirnya menemukan sedikit bukti terkait penyerangan PlayStation Netwok (PSN), salah satunya adalah sebuah log yang merujuk pada grup hacker Anonymous.

Jebolnya jaringan PSN memang telah mengukir sejarah sebagai salah satu pencurian data terbesar yang pernah ada didunia. Layanan itu pun kini terpaksa dinonaktifkan untuk mencegah hal yang lebih buruk terjadi.

Namun belakangan ini diketahui pelaku meninggalkan jejak. Isinya, file yang merujuk pada grup hacker ternama, Anonymous. Seperti dikutip oleh MBF dari Kotaku, Kamis (5/5/2011).

Grup Anonymous sendiri sempat mengaku akan terus menggempur seluruh layanan Sony, termasuk PSN. Akan tetapi kelompok hacker pendukung Wikileaks ini tidak mau jika dikaitkan dengan pencurian data pada layanan tersebut.

Selain itu Anonymous juga diketahui telah membuat channel khusus pada server IRC untuk mengorganisasi gerakannya. Tapi setelah ditelusuri lebih lanjut, seluruh log pada jalur tersebut telah dihapus selama sepekan dan ini makin memperkuat keterlibatannya.

Belum bisa dipastikan keterlibatan Anonymous terhadap pencurian data di PSN. Namun yang jelas, Sony berjanji akan terus memburu para pelaku yang bertanggungjawab.

"Kami sangat menyesal atas penyerangan ini, dan perlu diketahui kami juga merasa kesal seperti yang Anda rasakan. Kami akan memproses secara agresif untuk mencari para pelaku penyerangan tersebut," Nick Caplin Head of SCEE communications, ucapnya beberapa waktu lalu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar