Sabtu, 08 Oktober 2011

Blogger, Apa itu Alexa...?

Assalamualaikum dan salam sejahtera buat semua yang membaca blog ini dan postingan saya ini. Pada sore hari setelah beberapa hari saya (Badar) tidak memposting apa-apa di blog ini. Kali ini saya sempatkan waktu sebentar untuk memposting tentang Apa itu Alexa…?

Saya rasa postingan saya pada kali mungkin sudah banyak yang di posting oleh para master blogger yang ada di luar sana. Jadi maafkan saya master, karena buat postingan ini dan mungkin akan mengganggu gugat tulisan kalian di search engine mbah google.

Sekarang mari kita bahas apa itu Alexa atau Alexa rank…? Alexa rank adalah sistem ranking suatu situs, baik weblog maupun website, yang berdasarkan pada beberapa kriteria. Sistem ini beralamat di Alexa.com, yang merupakan salah satu anak perusahaan dari Amazon.com.

Tidak seperti PR berdasarkan pada jumlah backlink yang berkualitas, Alexa berdasarkan pada jumlah traffic yang diterima oleh blog atau website. Data yang diterima dari meta tag yang telah tertanam di sebuah blog atau website, dari postingan setiap hari dan dari banyak sumber yang lain.

Jika Google PR itu 1 sampai 10, dan semakin tinggi PRnya akan semakin baik. Blog yang memiliki Google PR 10 lebih baik dari pada blog yang berPR 1.

Sedangkan Alexa kebalikannya dari google PR, rangkingnya bisa sampai jutaan. Jangan kaget jika sebuah blog memiliki rank sampai 7 juta, itu wajar. Semakin kecil Alexa rank berarti akan semakin bagus. Artinya blog yang memilki Alexa rank 1 lebih baik daripada blog yang Alexa rank 3,048,740. Salah satu manfaat alexa page rank adalah untuk menjadi pertimbangan dalam paid review atau review berbayar.

Berikut beberapa hal yang perlu kita ketahui mengenai Alexa Rank System:
1. Kalkulasi data didasarkan pada data history traffic dalam periode tiga bulanan.
2. Data utama berasal dari statistik Alexa Toolbar.
3. Semakin rendah angka yang diperoleh, semakin tinggi rank atau peringkatnya.
4. Rank di-update setiap hari.
5. Terdapat pula angka capaian rank khusus oleh suatu blog atau website di suatu negara.
6. Rank di atas 100.000 di anggap tidak memiliki reliabilitas.

Jika kita mengikuti sistem Alexa rank ini kita dapat melihat sejauh mana perkembangan blog kita dan trafik yang masuk didalamnya. Saya rasa cukup dulu postingan saya pada postingan saya kali ini. Semoga postingan saya ini bermanfaat dan anda semua tidak tabu lagi dengan apa itu Alexa...? Sekian (^_^)

2 komentar:

  1. thank's ifonya sangat bermanfaat. ditunggu kunjungan baliknya http://dapur-tutorial.blogspot.com/ salam kenal

    BalasHapus
  2. Salam silaturahim buat admin badartheking.blogspot.com
    Manstrab boss, jadi smakin paham tentang alexa. Dari postingan si boss ini tentang alexa mohon ijin untuk jadi referensi di blogku untuk materi tentang alexa http://www.perkuliahan.com/apa-pengertian-alexa-com-dan-cara-traffik-alexa-page-rank/ , mudah-mudahan si boss ikhlas dan menjadi berkah buat boss, dan saya doakan boss tambah sukses dalam segalanya. amin. Hormat saya .mizan banjarnegara.

    BalasHapus