Kamis, 20 Oktober 2011

Cara Alami Mencegah Alergi

Banyak penderita alergi yang mungkin tidak nyaman dengan penggunaan berbagai obat atau bahan kimia sintetik yang masuk ke dalam tubuhnya selama musim alergi. Untungnya, ada alternatif beberapa bahan alami yang memerangi dan mencegah reaksi alergi.

Beberapa bahan alami tersebut tetap dapat digunakan dengan baik meskipun bersamaan dengan obat alergi, sehingga dapat memiliki kontrol yang lebih baik pada alergi.

Menggunakan obat untuk meredakan alergi kadang menjadi sangat membosankan dan menghabiskan biaya yang tidak sedikit, apalagi untuk penggunaan yang sering. Beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk memerangi reaksi alergi seperti dikutip dari Healthy Times, Kamis (20/10/2011) antara lain:

Air garam untuk nasal spray
Untuk membuat sendiri saline nasal spray, dapat dengan membeli paket larutan garam di toko obat lokal. Atau dapat dengan membuat ramuan sendiri dari 1 liter air matang, 2-3 sendok teh garam yang tidak beryodium, dan 1 sendok teh baking soda. Setelah bahan-bahan tersebut digabungkan, tunggulah air hingga dingin.

Berdiri dengan kepala di atas baskom berisi air tersebut dan menekan cairan ke dalam satu lubang hidung dan biarkan mengalir keluar dari lubang lain. Hal tersebut berguna untuk membersihkan rongga sinus dan menghilangkan tumpukan alergen atau iritan.

Pengguanaan humidifier dan air purifiers
Humidifier berfungsi untuk menghilangkan kelembaban. Sedangkan air purifiers merupakan alat pembersih udara. Pada musim-musim tertentu, pastikan untuk menggunakan alat pembersih udara yang berjalan sepanjang waktu untuk menyaring partikel alergen dan iritan dari udara. Sehingga ketika bernapas alergen yang ada dalam udara tidak masuk ke dalam hidung.

Beberapa pembersih udara memiliki komponen untuk mengatasi kelembaban. Namun jika tidak, pastikan untuk memiliki humidifier terpisah untuk menghilangkan alergen serta kelembaban agar udara bersih dan mengurangi adanya alergen dan iritan.

Suplemen herbal
Biasanya tersedia di toko obat atau makanan. Suplemen herbal menawarkan cara yang mudah dan alami untuk mendapatkan asupan suplemen sehari-hari untuk dapat melawan alergi. Pastikan untuk mencari tahu mengenai suplemen. Seperti Quercetin, yang merupakan suplemen yang terbuat dari antihistamin alami yang ditemukan dalam bawang merah dan kulit apel.

Suplemen yang terbuat dari daun jelatang juga merupakan pilihan yang baik untuk memerangi alergi dan biasanya dapat ditemukan dalam bentuk teh, sehingga dapat lebih melegakan dan menyejukkan.

Madu
Meskipun tidak banyak penelitian ilmiah yang telah membuktikan, namun penderita alergi banyak yang mengklaim madu dapat meredakan reaksi alergi secara signifikan. Sehingga madu termasuk menu diet mereka sehari-hari.

Hal tersebut mungkin disebabkan oleh fakta bahwa, lebah yang menghasilkan madu biasanya hidup pada serbuk sari yang sama di wilayah tersebut. Sehingga mungkin membuat madu bertindak sebagai semacam anti alergi.

Uap dari larutan minyak esensial
Untuk meredakan hidung mampet, menghirup uap yang dicampur dengan minyak esensial adalah cara yang baik untuk bernapas dengan lebih mudah dan menikmati saat-saat relaksasi. Dokter menyarankan membawa panci berisi air mendidih dan mencampurkan sejumlah minyak esensial dari daun kayu putih, rosemary, murad, pohon teh, dan tanaman lainnya.

Tempatkan handuk di atas kepala dan bernapas di dalam uap. Uap yang berasal dari campuran tersebut dapat benar-benar melegakan pernapasan. Jika proses tersebut tampaknya terlalu repot, maka dapat dipertimbangkan untuk memiliki perangkat uap inhalasi yang murah dan efektif.

Probiotik
Probiotik sangat dikenal karena manfaatnya terhadap pencernaan. Tetapi probiotik juga dapat membantu meredakan alergi. Hal tersebut dapat terjadi karena probiotik membantu menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh. Probiotik dapat ditemukan dalam makanan dasar, seperti yoghurt, tetapi juga dapat ditemukan dalam bentuk suplemen di toko obat dan makanan kesehatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar