Senin, 17 Oktober 2011

Info, Kanker Disebabkan oleh Virus

Beberapa jenis kanker hingga saat ini tidak diketahui penyebabnya. Ilmuwan mengklaim sekitar 40 persen kasus kanker termasuk tumor otak dan leukemia disebabkan oleh virus.

Hal tersebut berdasar penelitian yang telah menemukan adanya virus dalam beberapa jenis kanker yang sebelumnya tidak pernah diduga berkaitan dengan kanker. Jika ilmuwan bisa memeriksa lebih lanjut dan membuktikannya, maka dapat membuka jalan adanya vaksinasi terhadap beberapa jenis kanker dan terapi untuk menyembuhkannya.

Selama puluhan tahun telah diketahui bahwa virus bisa menyebabkan beberapa jenis kanker, tapi saat itu diperkirakan hanya sekitar 10-20 persen saja. Namun ternyata diketahui angkanya mencapai 40 persen kasus kanker.

Virus yang paling dikenal adalah hepatitis B dan C yang bisa menyebabkan kanker hati, serta human papilloma virus (HPV) yang bisa menyebabkan kanker serviks. Tapi peneliti dari Karolinska Institute di Swedia menemukan hubungan antara sebuah virus dengan medulloblastoma (tumor ptak paling umum di anak-anak).

Selain itu penemuan 2 tahun lalu menemukan Merkel cell carcinoma (sebuah kanker kulit yang agresif) sering diikuti dengan infeksi oleh polyomavirus, yaitu infeksi yang umum di hewan tapi bisa menyebar ke manusia.

"Jika kita dapat memahami bagaimana virus tersebut bekerja, maka kita bisa mencegahnya dan bahkan membuat terapi yang menggunakan sistem kekebalan tubuh pasien untuk menghancurkan sel yang terinfeksi atau kanker," ujar Profesor Alan Rickinson dari Birmingham University.

Proses ini masih membutuhkan studi lebih lanjut, karena virus ini bekerja dengan menyerang sel dan menghasilkan lebih banyak virus lagi. Serta ada pula teori bahwa virus penyebab kanker bisa bersembunyi di sel selama bertahun-tahun.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar