Kamis, 06 Oktober 2011

Penyebab Meninggalnya Steve Jobs

Kebetulan saya author baru di sini, So berikut pembahasan tentang pendiri pasar teknologi terbesar di dunia. Mantan bos sekaligus pendiri Apple Inc, Steve Jobs, akhirnya meninggal dunia setelah mengidap kanker pankreas. Otak brilian di balik kesuksesan produk-produk Apple seperti iPad, iTunes, iPod, iPhone atau iMac itu meninggal di usia 56 tahun.

"Kami dengan penuh kesedihan mengumumkan bahwa Steve Jobs telah meninggal dunia," tulis jajaran direksi Apple sebagaimana tertulis di website resmi perusahaan. "Kecemerlangan semangat dan energi Steve adalah sumber inovasi yang tak terhitung jumlahnya yang memperkaya dan meningkatkan kehidupan kita. Dunia kita menjadi jauh lebih baik karena Steve. Kasihnya terbesar adalah untuk istrinya, Laurene, dan keluarganya."

Laman Apple juga diganti dengan halaman penuh tentang Jobs dengan tulisan "Steve Jobs 1955-2011". Pemilik nama lengkap Steve Paul Jobs itu lahir pada 24 Februari 1955.

Jobs mendirikan Apple Computer bersama teman masa kecilnya, Steve Wozniak pada tahun 1976. Pasar langsung menerima personal computer pertama di dunia buatan Apple yang disebut dengan nama Apple II. Wozniak pun sangat terpukul dengan kematian Jobs. "Saya terkejut dan terganggu," ujar Wozniak.

Di tahun 2004, Jobs terpaksa mengumumkan ke publik perihal kanker langka yang diidapnya. Tahun 2009, Jobs menjalani transplantasi liver. Dia menjalani tiga jenis pengobatan sejak mundur dari Apple. Namun Jobs tak mengungkap secara rinci tentang upaya medis yang dijalaninya itu.

Maret lalu, Jobs masih muncul ke publik untuk memperkenalkan iPad2. Menjelang akhir Agustus lalu, Jobs mengumumkan pengundurannya dari Apple. Sebulan lalu, pada awal September diberitakan bahwa Jobs makin kurus dan pucat.

Kesehatan Jobs sangat berimbas pada harga saham Apple. Pada Januari 2009 setelah Jobs mengumumkan tentang pengobatan keduanya, harga saham apple anjlok menjadi USD 78 per lembar. Namun di musim panas 2011 ini, harga saham Apple melejit hingga USD 400 dan melampaui harga saham ExxonMobile yang dikenal sebagai saham paling berharga di dunia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar