Senin, 07 Maret 2011

Wow, Microsoft Kembangkan Layanan Musik dan Video Baru, Ventura

Jawaban Microsoft untuk menghadapi iTunes dan iPod dari pesaingnya (Apple) adalah Zune. Namun seperti yang telah banyak diketahui, produk dan layanan musik Microsoft ini kurang laris dan gaungnya termakan oleh dominasi Apple. Oleh karena itu Microsoft kali ini terlihat berusaha mengambil jalan lain dengan mengembangkan layanan musik baru bernama Ventura.

Sebuah post lowongan pekerjaan telah ditemukan dan diedarkan Microsoft untuk tim Ventura Media Service yang sedang mencari pengembang untuk menyiapkan layanan bertajuk “revolving around music/video discovery and consumption”. Projek ini dikembangkan dibawah unit Microsoft Entertainment and Devices yang juga mengerjakan XBox dan Zune.

Ventura diperkirakan akan merupakan layanan berbasis web seperti Pandora. Berbagai rekomendasi, komentar, dan rating dapat memberikan pilihan yang tepat terhadap video dan musik yang diinginkan pengguna. Microsoft telah memberli MongoMusic seharga 65 juta dolar di tahun 2000, yang mampu membuat layanan rekomendasi musik seperti Pandora, namun hingga kini masih belum terlihat digunakan oleh Microsoft.

Setidaknya Microsoft memang memiliki kemampuan tersebut, layanan Ventura ini nantinya tidak akan seperti Zune, namun bisa saja masuk ke Windows Media Player, Windows Phone 7, atau Xbox Live kedepannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar