Jumat, 25 Maret 2011

Info, Kode Sumber Android Honeycomb Masih Disimpan Rapat Google

Google dikabarkan telah memutuskan untuk tetap menyimpan kode sumber OS Android Honeycomb yang digunakan untuk tablet. Kode sumber ini hingga saat ini belum tersedia untuk pengembang dari pihak ketiga dan diklaim belum siap untuk dirilis ke komunitas open-source.

Android Honeycomb merupakan OS Android yang dikhususkan untuk tablet seperti Motorola Xoom. Andy Rubin, bos Android, mengatakan bahwa dirinya tidak menginginkan pengembang untuk memakainya di perangkat ponsel dan membikin pengalaman buruk bagi penggunanya. Rubin juga mengatakan bahwa timnya bahkan tidak tahu apakah sistem operasi ini akan bisa bekerja di ponsel sehingga jika kode sumbernya disediakan dikhawatirkan reputasi Android akan menurun.

Motorola Xoom, Tablet Android 3.0 Honeycomb




 Pernyataan Andy Rubin ini membuat pihak lain bertanya-tanya apakah Google akan bergerak ke arah model yang lebih tertutup dan meninggalkan model kode-terbuka yang diusung dalam Android. Andy Rubin sendiri tetap pada pendiriannya bahwa Android adalah proyek kode terbuka dan belum ada perubahan strategi. Google sendiri telah mengeluarkan pernyataan bahwa Android 3.0 akan siap untuk pengembang jika telah diujicoba untuk berbagai perangkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar