Jumat, 11 Maret 2011

Info, Pulau Jawa Aman dari Imbas Tsunami Jepang

Badan Meteorolgi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya, Jumat (11/3) memastikan gelombang tsunami yang terjadi di Jepang tidak akan sampai menyentuh kawasan pantai di Pulau Jawa.

"Di Indonesia yang terkena dampak hanyalah kawasan Papua bagian Utara, Maluku bagian Utara, Sulawesi bagian utara,” kata Prakirawan BMKG Juanda Teguh Trisusanto, Jum’at petang ini (11/3).

Menurut Teguh, daerah di Papua yang terkena imbas, seperti Sorong, Jayapura, Manokwari, dan Biak. Di kawasan Indonesia bagian timur ini, tsunami diperkirakan akan menerjang pukul 18.00 WIB.

Meski demikian, warga di daerah-daerah yang diperkirakan terkena imbas tsunami Jepang, diharapkan agar tidak panik karena tsunami yang menerjang tidak besar. "Informasinya tinggi gelombang di Indonesia timur hanya 50 centimeter hingga sayu meter," papar Teguh.

Selain daerah-daerah di Papua bagian Utara, Maluku bagian Utara, Sulawesi bagian utara, kawasan Indonesia lainnya aman dari imbas tsunami Jepang. Apalagi jarak antara Jepang dan Indonesia sangatlah jauh.

"Pulau Jawa juga aman karena jaraknya dengan Jepang jauh dan terbentur banyak pulau," ucap Teguh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar