Jumat, 18 November 2011

Tips, Hindari Facebook dan YM di Hack

Tidak bisa dipungkiri semakin hari perkembangan teknologi semakin canggih. Dulu, orang membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk mengirimkan sebuah pesan kepada orang lain. Tetapi, kini tidak lagi.

Saat ini, untuk mengirim sebuah pesan, atau berinteraksi orang bisa melakukannya lewat fasilitas-fasilitas jejaring sosial di internet seperti facebook, twitter atau Yahoo Mesenger. Dengan fasilitas tersebut kita dapat berkomunikasi dengan mudah dan cepat kepada siapapun.

Pesatnya perkembangan jejaring tersebut memberi dampak positif bagi kehidupan kita. Sayangnya, perkembangan ini tidak selalu positif. Banyak pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan jejaring sosial ini untuk kejahatan dan keuntungan pribadinya, sehingga menimbulkan kerugian bagi orang lain.

Salah satu korbannya adalah seniman film Indonesia, Jajang C Noer. Akun facebook dan YM-nya digunakan oleh orang lain untuk melakukan aktivitas penipuan.

Menilik kasus tersebut, apa yang dapat kita lakukan untuk melakukan pencegahan? Pakar Informasi dan Teknologi, Ruby Alamsyah saat dihubungi VIVAnews memberikan masukan agar akun kita tak mudah dibajak oleh orang lain.

Pertama, kalau memang akun kita di jaring sosial sangatlah penting cobalah memakai fasilitas yang tidak gratis.

Kedua, dalam membuat security question jangan yang mudah ditebak oleh orang lain.
Ketiga, jangan ceroboh dalam menggunakan fasilitas dunia maya," kata Ruby memberikan tipsnya.

Sebelumnya Ruby juga membeberkan empat cara yang dilakukan orang-orang tak bertanggung jawab untuk membobol akun facebook atau YM.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar