Jumat, 18 November 2011

Info, Alasan Mengapa Band Memakai Topeng

Berikan dia topeng maka dia akan mengatakan yang sebenarnya,” ujar Oscar Wilde, seorang penyair Irlandia. Terkadang tampilan yang sebenarnya membuat seseorang malu menjadi dirinya sendiri, berbeda halnya ketika mereka menggunakan sesuatu yang memberikan mereka identitas yang baru.

Seakan mereka menjadi sosok baru, dan terbebas dari tekanan psikologi dari luar tentang siapa dirinya. Berikut adalah band dan musisi yang menggunakan topeng dalam menjalankan profesinya.

1. Kiss
Mereka mulai berksperimen dengan riasan wajah dan busana di awal-awal kariernya, setelah terinspirasi oleh band teatrikal seperti New York Dolls dan Alice Cooper. Masing-masing masker yang mereka pakai memiliki tema yang disesuaikan dengan kepribadian mereka.

2. Daftpunk
Mereka menggunakan topeng karena merasa malu, dan untuk membedakan identitas mereka baik sebagai musisi maupun kepribadian yang menjalani kehidupan di luar musik, sehingga menjadi lebih fokus untuk kedua sisi hidup tersebut.

3. Gorillaz
Sebuah band kartun yang didirikan oleh Damon Albarn (eks-Blur) dan James Hewlett, keduanya saling bertukar pikiran untuk membentuk sebuah band pada tahun 1998. Mereka terinspirasi oleh tayangan kartun di berbagai tayangan televisi yang sedikit bahkan tidak memiliki muatan positif.

4. Slipknot
Seperti halnya Daft Punk, mereka menggunakan topeng sebagai sebuah cara mengalihkan perhatian mereka, antara musik dan kehidupan pribadi. Mereka menggunakan kostum yang aneh dan menyeramkan. “Ini adalah cara agar kami lebih intim dalam memainkan musik,” ujar sang vokalis Corey Taylor kepada NY Rock.

5. Deadmau5
Ia menggunaan topeng tikus yang tersenyum, berukuran besar. ia menggunakan topeng karena tidak ingin dikenal sebagai seorang DJ. Ia merasa bahwa “DJ” adalah sebuah profesi yang terlalu merendahkan dan tidak pantas baginya sebagai seorang musisi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar