Senin, 18 April 2011

Warning, Asteroid Setara 15 Bom Atom Lewati Bumi

Sebuah asteroid sekuat 15 bom atom melewati Bumi dalam lingkup 10 kali jarak bulan. Astronot pertama kali melihat batu seperti rokok itu kemarin dan segera melacaknya.

Pengamat bintang sempat bingung dengan objek berkedip tersebut, tadi malam. Namun, mereka segera sadar bahwa objek berbentuk lonjong sepanjang 50 meter itu mampu menghancurkan negara kecil. Untungnya, asteroid ini tidak menyentuh Bumi meskipun berada dalam jarak dekat sekitar 2.085.321 mll.

"Biasanya saat kita melihat asteroid yang mematikan seperti ini, yang tampak adalah sisi tubuh yang memanjang dan muncul sumbu panjang pertama yang seolah berputar,” kata pihak NASA Don Yeomans kepada News.com.au.

Asteroid 2011 GP59 itu berotasi sekitar tujuh menit setengah dan memantulkan cahaya matahari sekitar empat menit. Batu raksasa itu pertama kali disadari oleh Observatorio Astronomico de Mallorca di Andalusia, Spanyol.

"Tampak objek bercahaya yang muncul sejenak di teleskop lalu menghilang," ujar Nick James, pengamat antariksa amatiran di Chelmsford, Inggris.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar