Selasa, 05 April 2011

Info, Ditemukannya Bakteri yang Bisa Mencegah Plak Gigi

Jika sebelumnya saya pernah posting tentang Sekolah Dapat Menentukan Sehat dan Sakit Seseorang, kali saya akan posting tentang Ditemukannya Bakteri yang Bisa Mencegah Plak Gigi. Sejumlah peneliti menemukan senjata baru yang bisa melawan kerusakan gigi. Senjata itu berupa enzim yang diproduksi oleh bakteri di dalam mulut, enzim itu bisa mencegah plak di gigi manusia.

Dengan temuan ini, bisa mengarah ke pengembangan pasta gigi yang bisa menghasilkan enzim tersebut. Sehingga tubuh bisa memproduksi sendiri zat-zat yang mencegah plak di gigi.

Mulut manusia dikenal sebagai markas bakteri. Lebih dari 700 spesies bakteri hidup di dalam mulut yang panas dan lembab. Termasuk Streptococcus mutans, salah satu bakteri yang membuat plak.

Streptococcus mutans bisa mengubah gula menjadi asam yang membuat lubang di gigi. Sedangkan bakteri lainnya lebih ramah untuk gigi. Misalnya, pada 2009, para ilmuwan menemukan bakteri S. salivarius yang mengurangi berkembangnya biofilm S. mutans.

Seperti dikutip dari situs sicencemag.com, ahli Biologi dari National Institue of Infectious Diseases di Tokyo, Hidenobu Senpuku dan rekan-rekannya mengamati bagaimana S. salivarius bisa mencegah lubang di gigi.

Para peneliti kemudian menggunakan teknik kromatografi, metode yang membagi molekul berdasarkan isi atau ukuran. Mereka memisahkan tiap-tiap protein dari sampel mikroba yang diambil.

Peneliti kemudian mencampur setiap protein dengan sel S. mutans dan mengukur kombinasi mana yang menumbuhkan jumlah biofilm dalam jumlah yang paling sedikit dalam wadah di laboratorium. Hasilnya, Protein FruA adalah enzin yang paling kuat menghalangi biofilm.

Mary Ellen Davey, ahli mikrobiologi dari Forsyth Institute di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat mengatakan temuan ini bisa mengembangkan pasta gigi yang lebih baik. Namun ini bukan pekerjaan yang mudah. "Formula yang bisa menjamin enzim tersebut secara aktif bekerja sendiri adalah sebuah tantangan besar," katanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar