Senin, 04 April 2011

Info, Sejarah Penemuan Virus

Jika sebelumnya saya pernah posting tentang Sejarah Awal Mula Terjadinya Perang Vietnam, kali saya akan posting tentang sejarah penemuan virus. Virus tanaman lebih dahulu ditemukan daripada virus-virus yang lain. Sarjana yang pertama kali mempublikasikan hasil penelitiannya mengenai penyakit bercak-bercak kuning (mosaik) pada daun tembakau ialah Adolf Mayer pada tahun 1885.

Dmitri Ivanovsky (1892) dan M. Beijerink (1899) adalah sarjana - sarjana dengan penelitiannya menguatkan apa yang telah dilaporkan Adolf Mayer tentang adanya virus tanaman pada daun tembakau yang menyebabkan belang - belang pada daun tembakau yang dikenal dengan penyakit mosaik daun.

Pada tahun 1897, Loffler dan Frosch menemukan virus hewan yang menyebabkan penyakit mulut dan kuku pada ternak. Reed (1990) menemukan virus yang menyebabkan penyakit kuning pada manusia. Virus ini dapat menular dari orang ke orang dengan perantara nyamuk Aedes.

Akhir - akhir ini di kota - kota maupun di desa - desa di tanah air kita timbul penyakit yang terkenal sebagai demam berdarah. Penyakit ini minta banyak korban. Demam berdarah disebabkan oleh virus dan menular dari seseorang yang sakit orang lain dengan perantara nyamuk Aedes. Penyakit lain yang disebabkan virus ialah : influenza, campak, cacar, rabies, herpes, polio, hepatitis, gondong (parotis), kanker, AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) dan beberapa lainnya lagi. Towrt (1916) dan d’ Herelle (1917) menemukan virus bakteri yang menyebabkan lisis (penguraian). Virus yang menyerang bakteri disebut bakteriofage (pemakan bakteri) yang disingkat fage saja. Sekarang telah banyak pengetahuan orang tentang fage yang menyerang Escherhia coli. Stanley (1934) berhasil menghablurkan (mengkristalkan) virus tembakau dan sejak itu dimulai studi morfologi virus - virus yang lain lewat penghabluran dan teknik - teknik baru.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar