Minggu, 11 Desember 2011

Tips, Cara Sederhana Hindari Stres Pekerjaan | Cara Mudah Menghilangkan Stress

Cara Sederhana Hindari Stres Pekerjaan | Cara Mudah Menghilangkan Stres - Stres berkepanjangan dan perasaan tertekan yang mengakibatkan gangguan psikologis sudah pasti akan menimpa karyawan dengan tenggat waktu tinggi.

Tetapi, hal ini tidak ingin terjadi pada diri Anda bukan? Nah, seperti dikutip She Knows, berikut beberapa cara sederhana untuk mengusir stres karena pekerjaan.

1. Refresing ke tempat olahraga
Saat Anda merasa tertekan, biasanya kecenderungan untuk melepaskan amarah seperti berteriak, melempar atau memukul barang sangat besar. Daripada membuat seisi kantor terganggu, lebih baik lampiaskan kemarahan dan stres dengan kegiatan yang menguras tenaga seperti olahraga.

Pergilah ke gym, dan ikuti kelas-kelas seperti aerobik, yoga atau kickboxing. Bisa juga melakukan treadmill atau spinning.

Dikutip dari Times of India, olahraga bisa membantu mengurangi stres dan memberi waktu bagi tubuh untuk mengisi energi saat tidak berada di depan komputer. Setelah semangat kembali lagi, Anda pun siap mengerjakan tugas kantor dengan baik.

2. Hindari kejar deadline
Pikiran yang tegang membuat otak tidak bisa berpikir dengan tenang. Bisa-bisa Anda malah melakukan sejumlah tindakan yang salah. Oleh sebab itu, menjauhlah sesaatdari meja kerja Anda untuk pergi ke kantin dan pesanlah minuman dingin serta makanan kecil untuk menyegarkan otak.

Mungkin saat itu, Anda bisa memesan es cokelat, karena cokelat mengandung senyawa yang bisa menenangkan pikiran. Untuk makanan, pilihlah camilan seperti kue pie, quiche atau kroket.

3. Jangan terus berpikir serius
Stres akan terasa lebih menekan saat semuanya dipikirkan secara bersamaan. Cobalah membuat prioritas mana tugas paling penting yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

Jika ada teman atau atasan yang mengejar-ngejar Anda dengan tugas lain, tegaskan dengan kata-kata yang bijak bahwa pekerjaan yang sedang Anda lakukan sekarang ini lebih penting dari segalanya.

Dengan menentukan prioritas, berarti Anda juga membuat pekerjaan sedikit lebih ringan karena bisa fokus pada satu hal saja.

4. Berpikir realistis
Tentukan target sesuai kemampuan Anda, jangan mematok terlalu tinggi. Kenali kemampuan diri dan bentuk gaya kerja yang cocok untuk Anda, dengan begitu Anda bisa lebih santai dan menikmati dalam menjalankan pekerjaan. Misalnya saja, jangan menawarkan untuk menyelesaikan tugas yang sekiranya akan sulit Anda kerjakan dengan maksimal.

Mungkin Anda ingin memperlihatkan loyalitas dan dedikasi kerja, tapi menyanggupi pekerjaan yang jauh dari jangkauan adalah tindakan yang fatal dan justru bisa membuat Anda tambah stres.

5. Hargai diri sendiri
Saat berhasil menyelesaikan pekerjaan berat, beri hadiah untuk diri sendiri. Misalnya, belanja sepasang sepatu atau sekedar memanjakan diri di tempat spa. Perlakuan tersebut bisa menjadi motivasi untuk bekerja lebih baik lagi tanpa ada beban atau pikiran yang mengganjal.

Sumber: Inilah.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar