Sabtu, 24 Desember 2011

Info, Manfaat Kopi Bagi Kesehatan | Bahaya Kopi

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan | Bahaya Kopi - Biarlah makanan menjadi obatmu. Kata-kata tabib Yunani kuno bernama Hippocrates itu begitu populer di dunia kedokteran.

Pesan itulah yang kemudian mendorong para ilmuwan mencari tahu manfaat makanan bagi kesehatan tubuh.

Di tengah maraknya penelitian tentang makanan, tak jarang muncul petunjuk membingungkan. Kopi misalnya.

Ada yang bilang kopi sangat baik untuk mencegah sel kanker payudara, tapi ada juga yang bilang bahwa kopi tidak baik karena dapat meningkatkan risiko stres dan jantung.

Sebuah buku karya seorang penulis kesehatan, Robert J Davis, berjudul 'Coffee is Good for You' mencoba menjawab mitos-mitos seputar manfaat kesehatan makanan.

"Meski makanan seharusnya menjadi salah satu kenikmatan hidup, beberapa di antaranya justru menyebabkan kecemasan dan kebingungan," ujarnya.

Tulisannya cukup mengejutkan. Ia menyebut peminum kopi justru tidak memiliki risiko penyakit jantung atau stroke. Tapi, mereka memiliki risiko lebih sedikit dibandingkan yang tidak meminum kopi.

Ia juga menambahkan bukti penelitian yang mengatakan bahwa kopi tidak meningkatkan risiko kanker, tetapi justru menurunkan risiko tersebut dalam beberapa kasus. Kesimpulannya, kopi jauh dari tidak sehat.

Hanya, pastikan untuk tidak menambahkan gula dan susu pada kopi karena akan meningkatkan kalori. Dan, hal tersebutlah yang membuat kopi menjadi tidak sehat.

Tak hanya kopi, Robert J Davis juga memaparkan beberapa mitos yang tidak benar seputar karbohidrat dapat menambah berat badan.

Dosen dari Emory University's Rollins School of Public Health juga menjelaskan mengapa karbohidrat tidak akan membantu menurunkan berat badan.

Hal lain yang memicu kontroversi adalah pendapatnya soal makanan organik yang tidak selalu baik untuk manusia, dan malah menyebut MSG tidak berbahaya bagi tubuh.

Menurut dia, manfaat gizi yang dipaparkan banyak penelitian tidak selalu hitam dan putih. "Sementara itu, mengikuti anjuran gizi akan sangat penting bagi kesehatan Anda, jangan sampai merusak makan malam Anda," ujarnya.

Berikut daftar mitos yang terdapat dalam buku 'Coffee is Good for You', seperti dikutip dari Daily Mail.

Tidak benar
- Anda butuh delapan gelas air setiap hari untuk kesehatan yang baik.
- Garam laut lebih sehat dibandingkan garam dapur biasa.
- Diet detoks membuat Anda sehat.
- MSG berbahaya.
- Karbohidrat menambah berat badan Anda.

Setengah benar
- Sayuran mentah lebih bergizi daripada dimasak.
- Cokelat baik untuk Anda.
- Vitamin C ampuh melawan pilek.
- Gluten berbahaya.
- Yogurt memperbaiki pencernaan.

Benar
- Gandum menurunkan kolesterol.
- Lemak trans berbahaya.
- Diet Mediterania baik untuk Anda.
- Produk-produk susu dapat menyebabkan kanker.

Meyakinkan
- Merkuri di dalam sushi adalah racun.
- Bawang putih menurunkan kolesterol.
- Tomat mencegah kanker prostat.
- Produk organik lebih menyehatkan dibanding produk konvensional.

Sumber: VIVAnews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar