Sabtu, 04 Juni 2011

Java, Class Dalam Java

Assalamualaikum dan salam sejahtera buat semua, setelah beberapa hari ini saya tidak pernah posting lagi di blog ini karena sibuk dengan urusan sekolah. Kali ini saya sempatkan waktu sebentar untuk lanjutkan tutorial yang pernah saya tulis di blog ini yaitu tentang Java. Jika sebelumnya saya pernah posting tentang Program Array dalam Java, kali ini saya akan posting tentang Class dalam Java. Mari kita sama-sama saksikan.

Untuk pengetahuan anda semua setiap bahasa pemrograman pasti memiliki setidaknya satu class agar program tersebut dapat berjalan. Java disebut bahasa pemrograman berorientasi objek murni karena memiliki banyak class. Sangat mudah untuk mendeklarasikan class dalam Java. Berikut adalah contoh format class dalam Java:

attribute_akses class namaKelasku
{
//isi dari kelas
}


Untuk nama kelas tidak boleh diberi spasi bila nama kelas menggunakan lebih dari satu kalimat. Contoh class untuk luas segitiga kita beri nama "class LuasSegitiga". Untuk attribute access kalian dapat mengisinya dengan "public, protected, private, atau tidak mengisinya sama sekali". Berikut ini adalah contohnya:

public class LuasLingkaran
{
//isi body dari kelas luas lingkaran
}


private class LuasSegitiga
{
//isi body dari kelas luas segitiga
}


protected class LuasPersegi
{
//isi body dari kelas luas persegi
}


class VolumeLingkaran
{
//isi body dari kelas volume lingkaran
}

Sekian untuk kali ini semoga bermanfaat untuk semua.

Like Fans Pages kami di http://www.facebook.com/pages/My-Bestfriend-Forever/

Follow juga twitter kami di http://twitter.com/Infonya1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar