Kamis, 16 Juni 2011

Apa Arti Google Hari Ini "Bulan Berdarah"

Sudahkan Anda mengakses Google hari ini...? Dini hari ini, bulan mengalami gerhana total dan berubah merah. Tak hanya bulan, Google pun mengalaminya. Bagaimana kah...?

Logo Google kali ini sangat interaktif. Tampak huruf ‘O’ kedua Google berubah menjadi gambar bulan dengan latar langit gelap. Selain itu, terdapat ‘tuas’ tepat di bawah tulisan Google yang bisa digeser ke kanan dan kiri. Saat digeser dari kiri ke kanan, warna bulan bertransisi dari putih masuk hitam kemudian merah dan akhirnya kembali ke warna awal.

Peneliti Senior Astronomi dan Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Prof Dr Thomas Djamaluddin mengatakan, posisi bulan berada dalam umbra dini hari ini. Ini membuat bulan mengalami gerhana.

“Proses bulan berwarna merah secara perlahan bisa dilihat mulai 01.22 WIB di arah timur. Dominan warna merah bisa disaksikan pada 02.22 WIB,” papar pria yang akrab disapa Thomas itu saat dihubungi INILAH.COM via telepon, Rabu (15/6).

Menurutnya, gerhana tak selalu membuat bulan berwarna merah. “Warna merah dipengaruhi kualitas udara, terutama jika kondisi atmosfer berdebu karena abu gunung api. Hal ini bisa membuat bulan berwarna merah."

Secara umum, gerhana yang membuat bulan berwarna merah atau hitam hanyalah kondisi biasa. Fenomena ini sendiri bisa dilihat tanpa menggunakan alat bantu. “Namun, menggunakan teleskop atau teropong akan membuatnya lebih baik lagi," katanya.

Like Fans Pages kami di http://www.facebook.com/pages/My-Bestfriend-Forever/

Follow juga twitter kami di http://twitter.com/Infonya1

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar