Selasa, 28 Juni 2011

Hot, Google Tantang Kazhakstan Batasi Internet

Google menantang upaya pemerintah Kazakhstan membatasi internet terbuka. Tantangan ini dipicu tuntutan pemerintah Kazakhstan atas server fisik di negara itu.

Pejabat Kazakhstan memerintahkan semua nama domain yang berakhiran ‘.kz’ membuat server di Kazakhstan, termasuk Google. Tuntutan ini didasarkan peraturan Kementrian Komunikasi dan Informasi Kazakhstan.

Google merasa tak senang pada hal ini. Menurut Google, hal ini diyakini berdampak pada privasi dan kebebasan berekspresi. Kabarnya, jika server fisik benar dibuat di Kazakhstan, internet bisa ‘pecah’.

Menanggapi hal ini, Google meminta semua pengguna mesin pencari itu di Kazakhstan agar menggunakan google.com. Permasalahan yang timbul dari hal ini adalah pengguna Kazakhstan tak akan lagi mendapat layanan Google khusus negaranya.

“Hal ini memaksa perusahaan internet memilih antara mengambil tindakan yang merugikan web terbuka atau mengurangi kualitas layanan yang notabene jelas merugikan pengguna,” papar SVP riset dan infrastruktur Google Bill Coughran.

"Kami mendorong pemerintah dan penanggung jawab lain bekerjasama menyediakan internet terbuka yang mendukung pengguna dan ekonomi lokal serta mendorong inovasi di seluruh dunia," tutupnya.

Like Fans Pages kami di http://www.facebook.com/pages/My-Bestfriend-Forever/

Follow juga twitter kami di http://twitter.com/Infonya1

2 komentar: