Sabtu, 04 Juni 2011

Vitamin Malah Bisa Bikin Kecanduan

Sesuatu hal jika dilakukan berlebihan pasti akan menimbulkan efek tidak baik. Begitu juga dengan mengkonsumsi vitamin.

Mengonsumsi vitamin sebagai penambah imun tubuh, memang tak ada salahnya. Tetapi, berhati-hatilah, jika mengkonsumsi secara berlebihan, karena bisa mengakibatkan Anda kecanduaan vitamin yang pastinya berefek negatif pada kesehatan tubuh Anda.

Seperti dikutip dari Dailymail, Zoe Harcombe, seorang ahli nutrisi menjelaskan, sebagian orang ternyata banyak yang melupakan bagaimana cara makan yang benar, baik komposisi, ataupun nutrisi.

Pada dasarnya, sambung Zoe, jika Anda menginginkan program diet yang berhasil, tak ada multivitamin apapun, bahkan yang mahal sekalipun, yang bisa menggantikan kualitas gizi dari daging, ikan, telur, susu dan sayuran.

"Vitamin dan mineral yang biasa disebut mikronutrien sebenarnya hanyalah salah satu bagian dari komposisi yang harus dipenuhi. Di lain sisi, asupan makronutrien seperti karbohidrat dan protein serta lemak juga penting untuk ada didalam tubuh. Namun mereka yang berdiet lupa dengan nutrisi esensial tersebut. Hal ini pastinya mempengaruhi kesehatan jangka panjang mereka,” jelas Zoe.

Sebuah riset di Unversitas Nasional Sun Yat-Sen di Taiwan, melakukan penelitian mengenai kebiasaan mengonsumsi vitamin. Dalam penelitian itu, para ilmuwan menganjurkan sekelompok sukarelawan mengonsumsi multivitamin dan kelompok lainnya mengonsumsi pil dummy, sementara gaya hidup mereka terus dimonitor.

Kenyataannya, kedua grup itu hanya diberikan plasebo, peneliti menemukan bahwa mereka yang mempercayai telah diberikan vitamin, memilih gaya hidup cenderung tidak sehat, karena beranggapan telah mengonsumsi vitamin yang cukup. Sementara mereka yang tidak diberikan vitamin memilih gaya hidup lebih sehat.

Oleh karena itu, seperti arti sesungguhnya dari vitamin , yaitu tambahan, maka jangan gantungkan kesehatan Anda pada hanya dengan mengkonsumsi multivitamin saja melainkan konsumsi multivitamin dan seimbangkan gaya hidup sehat Anda.

Like Fans Pages kami di http://www.facebook.com/pages/My-Bestfriend-Forever/

Follow juga twitter kami di http://twitter.com/Infonya1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar