Jumat, 12 Agustus 2011

HTML, Dasar-Dasar HTML

Assalamualaikum dan salam sejahtera, kali ini saya membuat tutorial tentang HTML. Apa itu HTML silahkan baca postingan saya sebelumnya yang berjudul “Apa itu HTML…?”. HTML diperlukan untuk terutama untuk membuat tampilan web atau sejenisnya.

Sekarang kita akan membahas pemanasan atau dasar-dasar HTML dulu sebelum saya lebih jauh membahasnya ada beberapa syntac yang anda harus ketahui, berikut adalah syntac atau tag dasarnya:

<html>
 <head>
 isi dari kepala HTML
 </head>


 <body>
 isi dari badan HTML
 </body>
 </html>


<title>Judul Halaman</title>

Penjelasan:
Setiap tag diapit oleh tanda lebih kecil dan lebih besar. Kamu bisa melihat bahwa tag pertama adalah <html>. Tag HTML pada umumnya selalu memiliki pasangan yang memiliki tag sama dengan sedikit tambahan tanda garis miring “/”, dan kamu bisa melihat pasangan tag <html> di akhir script yaitu </html>.

Tag <html> memberitahu browser bahwa inilah awal dari dokumen HTML. Tag pasangannya yaitu </html> menyatakan bahwa inilah akhir dari dokumen HTML.

Teks di antara <head> dan </head> adalah teks informasi header. Informasi header ini tidak ditampilkan pada jendela browser.

Teks di antara <title> adalah judul dokumen kamu. Judul ini akan ditampilkan di caption browser (lihat di bagian paling atas kanan dari browser kamu).

Teks di antara tag <body>  dan </body> adalah teks yang akan ditampilkan pada jendela browser kamu.

Berikut ini adalah contoh syntacnya:

<html>
<head>
<title>Hello World</title>
</head>
<body>
Saya baru belajar nich
</body>
</html>

Copas kode diatas kedalam notepad, lalu simpan dan beri nama file tersebut "helloworld.html". Kemudian jalankan file dengan cara double click file helloworld.html tersebut.

Sekian dulu tutorial HTML kita pada kali ini, semoga bermanfaat.


Like Fans Pages kami di http://www.facebook.com/pages/My-Bestfriend-Forever/

Follow juga twitter kami di http://twitter.com/Infonya1

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar