Jumat, 12 Agustus 2011

Cara Penulisan Kode dalam PHP

Assalamuakum dan salam sejahtera buat semuanya yang membaca posting saya ini. Pada kali saya akan bahas tentang cara penulisan kode atau syntac dalam PHP karena itu sangat penting. Ada baiknya sebelum kita lanjut lihat dulu apa yang posting saya sebelumnya yaitu “Apa itu PHP…?” Sekarang kita lanjtkan dengan pembahasan-pembahasan saya dibawah ini:

Penamaan File
File PHP anda harus disimpan dengan ekstensi .php. File-file tersebut cukup disimpan sebagai teks biasa saja, artinya kita g’ butuh editor khusus atau apakah apabila kepepet cukup dengan hanya menggunakan notepad. Tetapi kelemahan dari notepad ini tidak memunculkan nomor baris yang akan kita perlukan saat melakukan debugging jika terjadi maslah dengan kode kita.

Komentar
Komentar adalah bagian penting dalam kode PHP yang akan anda buat. Anda akan memerlukan komentar ini untuk membantu anda mengingat lagi kegunaan sebuah blok kode nantinya. Kegunaannya adalah untuk membantu anda mengingat kode-kode yang pernah buat.
Cara untuk membuat komentar yang tidak ingin anda tampilkan atau eksekusi adalah dengan menambahkan “//” di awal baris atau mengapit komentar dengan “/*” dan “*/” jika perlu membuat komentar yang panjang, contohnya:


<?php

// Saya masih belajar PHP
print ("Saya juga sedang belajar");
/*
*/
?>

Permulaan Kode
Blok kode PHP diawali dengan “” di akhir blok kodenya.

Akhir Baris Program
Setiap baris instruksi program diakhiri dengan tanda titik koma “;”. Artinya walaupun anda menuliskannya lebih dari 1 baris tetap akan dianggap satu baris instruksi program jika belum ada tanda titik koma.

Sekian dulu pembahsan kita pada kali ini, nntar saya akan lanjutkan pembahasan atau syntac dan contoh-contoh programnya dalam PHP.

Like Fans Pages kami di http://www.facebook.com/pages/My-Bestfriend-Forever/

Follow juga twitter kami di http://twitter.com/Infonya1

1 komentar: