Jumat, 05 Agustus 2011

Cara Agar Bugar dan Segar Tiap Pagi

Menjadi individu beruntung setiap hari merupakan harapan yang tak mustahil diraih. Kuncinya, bangunlah di pagi hari dengan semua energi yang Anda butuhkan seharian. Dengan semangat dan energi positif, Anda bisa menjadi terdepan, menyelesaikan semua tugas di dengan baik setiap harinya. Energi yang baik membantu Anda menjadi bagian dari orang-orang yang beruntung.

Energi positif setiap pagi bisa didapatkan dengan mengubah kebiasaan. Penny Love Hoff, coach kesehatan, gaya hidup, dan kebugaran, menyebutkan sembilan cara agar selalu bersemangat setiap pagi:

1. Buat daftar kegiatan harian di malam hari
Hoff tak bosan untuk selalu mengingatkan, bahwa membuat daftar kegiatan harian itu penting. Setiap kali akan beraktivitas, bersiaplah dengan membuat daftar kegiatan atau daftar tugas pada malam hari. Jadi, keesokan hari, terutama saat pagi, Anda bisa memulai semua tugas atau kegiatan dengan penuh perencanaan dan semangat menjalaninya.

"Memang kebiasaan ini terkesan merepotkan, apalagi pada tahap awal memulai kebiasaan baru. Namun, ketika Anda memulai hari dengan daftar kegiatan yang jelas, Anda akan mudah mengingat apa saja yang perlu dilakukan dan semua pekerjaan akan berjalan dengan lebih mudah," jelas Hoff.

2. Pilih kegiatan menyenangkan
Agar pagi Anda penuh semangat, pastikan pada hari itu Anda memiliki rencana kegiatan yang menyenangkan. Bentuknya bisa apa saja, tergantung kegemaran Anda. Misalnya, Anda sudah membuat janji bertemu pelatih pribadi untuk latihan fisik membentuk tubuh ideal. Atau Anda sudah bikin janji makan siang bareng teman. Apa pun aktivitas yang Anda rencanakan setiap harinya, yakini kegiatan tersebut akan membuat pagi hari Anda lebih menyenangkan.

3. Beritahu keluarga mengenai kebiasaan baru Anda
Komunikasikan tekad Anda untuk menjalankan kebiasaan baru kepada keluarga. Bagaimana pun Anda membutuhkan dukungan dan bantuan seluruh anggota keluarga. Dengan mengkomunikasikan niatan Anda, keluarga bisa mengingatkan Anda untuk selalu bangun pagi misalnya, atau memotivasi Anda untuk konsisten menjalankan misi ini.

4. Patuhi alarm
Jika ingin pagi Anda lebih segar, patuhilah alarm dengan tidak menekan ulang tombol alarm Anda. Segera bangun dari tempat tidur Anda begitu alarm berbunyi. Letakkan alarm persis di samping tempat tidur Anda agar tak bersusah payah menjangkaunya.

5. Bangun tidur lekas ke kamar mandi
Ketika bangun tidur di pagi hari, dua menit pertama Anda cenderung tak ingin melakukan apa pun. Waktu ini adalah masa paling sulit, namun Anda harus melawannya. Caranya, pastikan badan Anda terus bergerak, jangan berlama-lama berdiam diri setelah bangun tidur. Meski tubuh masih terasa lemah, segera bangkit, lekas lah ke kamar mandi.

6. Olahraga di pagi hari
Ia membuktikan latihan yoga di malam hari justru membuatnya kesulitan untuk tidur. "Olahraga di malam hari biasanya akan menganggu pola tidur," jelasnya. Karenanya, lakukan olahraga di pagi hari. Hasilnya, Anda akan segar sepanjang hari dan tidur lebih nyenyak di malam hari.

7. Tidur dengan lampu redup
Tidur dengan lampu yang redup atau tidak terlalu terang dapat membantu menjaga siklus tidur Anda. Bahkan lampu pada jam alarm Anda juga bisa menganggu tidur malam. Jika Anda terbiasa tidur dengan pencahayaan di kamar yang terang, gunakan saja masker mata. Cara ini akan membantu Anda mendapatkan tidur malam yang lebih berkualitas.

8. Atur pernafasan saat tidur
Bernafaslah teratur melalui hidung, lakukan relaksasi pada malam hari jelang tidur. Sistem pernafasan yang berfungsi dengan baik memberikan relaksasi. Sehingga keesokan harinya saat bangun di pagi hari, Anda akan merasa lebih tenang dan segar.

9. Hindari alkohol
Istirahat yang cukup pada malam hari menjadi kunci sukses kesegaran di pagi hari. "Jika Anda dapat menghilangkan kebiasaan mengonsumsi alkohol, maka sudah pasti Anda dapat memperbaiki pola tidur," tandas Hoff.

Sekian dan semoga bermanfaat untuk semua.

Like Fans Pages kami di http://www.facebook.com/pages/My-Bestfriend-Forever/

Follow juga twitter kami di http://twitter.com/Infonya1

Source

Tidak ada komentar:

Posting Komentar